Kamis, 27 November 2014

PROPOSAL USAHA JASA PENCUCIAN SEPEDA MOTOR DAN MOBIL SERTA MINI CAFE “RENEO“



Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan ini dapat selesai tepat waktu. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, yang telah membantu kami menyelesaikan tugas Proposal Usaha Jasa Pencucian Sepeda Motor dan Mobil serta Mini Cafe ini. Tentunya tugas ini masih banyak kesalahan maupun kekurangan di dalamnya. Oleh karena itu kami sangat mengaharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas kami selanjutnya menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian pembaca kami ucapkan terimakasih.





                                                                                                Penyusun







Daftar Isi
Halaman Sampul..................................................................................... 1
Kata Pengantar........................................................................................ 2
Daftar Isi................................................................................................. 3
BAB I Pendahuluan................................................................................ 4
 1. Latar Belakang................................................................................... 4
 2. Tujuan................................................................................................. 6
 3. Manfaat.............................................................................................. 6
BAB II Analisis Usaha........................................................................... 7
 1. Analisis SWOT................................................................................... 7
 2. Solusi.................................................................................................. 9
BAB III Profil Perusahaan...................................................................... 10
 1. Data Perusahaan................................................................................. 10
 2. Struktur Organisasi............................................................................. 12
BAB IV Rencana Usaha......................................................................... 14
 1. Produk................................................................................................ 14
 2. Fasilitas dan Keunggulan................................................................... 15
 3. Prospek Pasar dan Strategi Pemasaran............................................... 15
 4. Keuangan........................................................................................... 16
BAB V Penutup...................................................................................... 17
 1. Rencana Pengembangan Usaha.......................................................... 17
 2. Kesimpulan......................................................................................... 17
Lampiran................................................................................................. 18



BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Motor dan mobil merupakan alat transportasi yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang saat ini. Mudahnya cara untuk mendapatkan transportasi tersebut, tidak lagi hanya untuk kalangan mengengah keatas namun yang terhitung kalangan menengah kebawah pun juga dapat mudah untuk memperoleh alat transportasi tersebut. Murahnya biaya angsuran yang ditawarkan para dealer, sehingga jumlah sepeda motor atau mobil semakin bertambah. Maka membuka bisnis jasa cuci motor dan mobil merupakan alternatif yang cukup menjanjikan. Peluang usaha ini bisa jadi adalah salah satu usaha yang relatif tidak beresiko tinggi. Ditambah cuaca yang sering berubah dan budaya orang-orang di sekitar, Mungkin kami sering terlintas dengan jasa cuci motor atau mobil sepertinya sudah banyak akan tetapi jika kami ingin bersaing dengan mereka tidak terlalu sulit yang penting adalah pelayanannya, yang harus dibedakan sehingga pelanggan kami benar-benar puas. Mungkin orang akan jenuh apabila harus menunggu saat pencucian motor atau mobilnya. Disini kami menampilkan pelayanan yang berbeda. Dalam usaha pencucian ini kami juga membuka mini cafe yang terletak satu lokasi dengan usaha cuci motor dan mobil ini. Sehingga ketika menunggu, pelanggan bisa menikmati secangkir kopi atau makanan ringan yang lain. Kamiakanmembuka usaha cuci motor dan mobil dengan nama “Reneo”.
Kami memilih bisnis ini karena memang bisnis ini menjanjikan. Banyak orang yang malas mencuci sendiri kendaraannya. Mereka lebih memilih mengeluarkan sedikit uangnya untuk memanjakan mobil atau motornya. Apalagi di saat musim penghujan, kendaraan mereka pasti penuh dengan kotoran dan sulit untuk dibersihkan sendiri. Memang telah banyak ditemukan di kota-kota besar maupun kecil tempat pencucian mobil atau motor. Akan tetapi layout atau fasilitasnya kemungkinan besar hampir sama. Pelanggan hanya duduk menunggu mobil atau motornya selesai dicuci, mungkin ada yang sambil membaca koran atau bermain cellphonenya. Di sini kami menginginkan sesuatu yang beda. Kamiakan membuat pelanggan betah dan esok akan kembali lagi ke salon mobil dan motor kami ini. Kamiakan menambahkan fasilitas-fasilitas untuk pelanggan. Saat akhir pekan banyak orang tua yang mengajak anak-anaknya untuk berlibur, akan tetapi mobilnya mungkin belum sempat dibersihkan. Dalam waktu menunggu tersebut anak-anak-anak dapat dimanjakan oleh fasilitas-fasilitas yang kami tawarkan ini. Sehingga mereka tidak cepat merasa bosan dan mereka kemungkinan besar ingin kembali ke tempat kami. Selain itu juga, kebiasaan dari anak-anak adalah menceritakan hal-hal yang mereka anggap menyenangkan kepada teman-temannya. Dan teman-temannya tersebut meminta kepada orangtuanya untuk datang ke tempat kami. Bertambahlah pelanggan kami. Fasilitas lain misal, smooking area, cafe lengkap dengan fasilitas wifi, tempat ibadah atau mushola, ruang tunggu ber-AC beserta fasilitas membaca koran atau majalah dan wifi, dan lain-lain. Untuk karyawan atau pekerjanya kamiakan memilih mereka yang dapat bekerja keras, jujur, bertanggungjawab terhadap pekerjaannya, ramah dan sabar dalam menghadapi pelanggan. Target pasar kami adalah orang-orang yang memiliki kendaraan roda dua atau empat, bisa pekerja kantoran maupun mahasiswa. Untuk harga kamiakan menyesuaikan dengan fasilitas-fasilitas yang kami tawarkan tersebut. Mungkin agak lebih mahal sedikit dari salon-salon mobil atau motor pada umumnya. Tapi kami kira sebanding dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan kepada pelanggan kami. Kami membuka bisnis ini supaya orang-orang peduli terhadap kebersihan dan kecantikan mobil maupun motornya.


2. Tujuan
a.  Sebagai usaha alternatif.
b. Dapat melakukan usaha dengan baik dan memberikan manfaat    yang besar.
c. Dapat memasarkan usaha cuci steam ini dengan baik.
d. Dapat menjaga kelangsungan usaha dan mengembangkannya.
3. Manfaat
a. Membantu mempermudah masyarakat dalam pencucian kendaraan.
b. Membuka lowongan kerja.
c. Meningkatkan pendapatan masyarakat.












BAB II
ANALISIS USAHA
1. Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strenghts), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek yang mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Dalam merencanakan bisnis salon mobil dan motor ini, kami juga memikirkan apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman selama kami menjalankan bisnis ini.
A. Strenghts (Kekuatan). Strenghts merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri.
B. Weaknesses (Kelemahan).Weaknesses merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek, atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri.
C. Opportunities (Peluang). Opportunities merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjasi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
D. Threats (Ancaman). Threats merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri.


Bagan Analisis SWOT
Strengths (Kekuatan)
Weaknesses (Kelemahan)
a) 1. Kami memberikan fasilitas-fasilitas kepada pelanggan yang mana belum tentu ditemukan pada tempat pencucian kendaraan lain.
2. Karyawan-karyawan kami ramah, sabar, pekerja keras, dan dapat bertanggungjawab.
3. Harga yang akankami tawarkan sebanding dengan fasilitas-fasilitas yang didapat oleh pelanggan.
a)  1. Fasilitas-fasilitas yang mudah rusak sehingga butuh banyak biaya untuk perbaikan.
b) 2.  Pada musim panas jarang orang yang mencucikan motornya.
c) 3. Biaya untuk membayar semua fasilitas pelanggan dan karyawan tinggi.
e) 4. Jika terjadi lecet atau tergores pada cat mobil, butuh biaya lebih untuk mengecatnya kembali.
Opportunities (Peluang)
Threats (Ancaman)
a) 1. Banyaknya orang-orang yang malas untuk membersihkan atau mencuci sendiri kendaraannya, sehingga menjadi peluang untuk kami.
b) 2. Orang tua memilih mencucikan mobil atau motornya di tempat kami karena anak-anaknya yang meminta, atau mereka menginginkan anaknya nyaman dan tidak bosan.
c) 3. Pada musim hujan, banyak kendaraan yang kotor akibat cipratan air atau kehujanan juga pada musim kemarau banyak debu yang berterbangan.
a) 
1. 1. Banyak orang yang lebih memilih tempat lain karena harganya lebih murah.
2. Masih banyak orang yang kurang peduli dengan kecantikan mobil dan motornya (demand masih rendah).
2. Solusi
Jalan keluar yang akan kami lakukan untuk mengatasi kelemahan usaha ini adalah:
              a. Menekan biaya dengan cara melakukan efisiensi bahan habis pakai.
              b. Melakukan promosi secara maksimal ke masyarakat.
              c. Memberikan pelayanan prima kepada konsumen.
d. Menghimbau kepada operator cuci agar selalu berhati-hati ketika melakukan proses pencucian














BAB III
PROFIL PERUSAHAAN

1.    Data Perusahaan
A.     Deskripsi umum
Nama Perusahaan                    :  Perusahaan Perorangan RENEO
Alamat Perusahaan              : Jalan Parangtritis Km. 7,5 Cabeyan RT 04, Panggungharjo, Sewon, Bantul
Nama Pemilik              : .................................
Domisili Pemilik                      : Kota Yogyakarta
Nama Penanggungjawab     :...............................
Alamat Penanggungjawab   :Jalan Parangtritis Km. 7, Cabeyan RT 05, Panggungharjo, Sewon, Bantul
Jenis Usaha                          : Jasa Pencucian Sepeda Motor dan Mobil serta mini cafe.
No. Telepon                         : 089 628 963 961
Modal Usaha                       : Rp. 100.000.000,00
Jumlah Karyawan                   :  9 orang
Luas Tempat Usaha    : 150 m2
Nama Pemilik Tanah/
Bangunan Tempat Usaha        : .............................
Status Kepemilikan     : Sewa selama 2 tahun dan dapat diperpanjang

B.     Riwayat perusahaan
Reneo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pencucian sepeda motor dan mobil yang disertai mini cafe untuk memberi kenyamanan bagi para pengunjung pada saat menunggu proses pencucian mobil atau motornya. Reneo ini akanberoprasi mulai 1 November 2014. Jam buka Setiap hari pukul 10.00 s.d 17.00 WIB kecuali hari Senin libur.
C.     Visi dan misi perusahaan
1. Visi
Menjadikan “Reneo” menjadi salah satu perusahaan yang paling maju, produktif, dan berkompetitif di Indonesia.                 
2.   Misi
a.       Memberi pelayan prima pada konsumen.
b.      Menciptakan tenaga kerja yang ahli dan kompeten dalam bidangnya, serta memiliki iman dan taqwa, ilmu pengetahuan dan teknologiyang kuat.
c.       Menjadi perusahaan yang terdepan di bidangnya.
d.      Memperluas lapangan kerja untuk kemakmuran masyarakat sekitar “Reneo” pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

E.     Jenis Usaha yang Direncanakan
Kami sepakat untuk membuat suatu usaha di bidang jasan yaitu jasa pencucian mobil dan motor yang dilengkapi dengan mini cafe serta WiFi Area. Jenis pelayanan pencucian yang kami sediakan antara lain pencucian mobil, dan pencucian motor. Kami yakin usaha ini akan berkembang dengan baik karena inovasi-inovasi yang kami tambahkan antara lain pelayanan prima pada setiap proses pencuciannya, penyediaan mini cafe dan WiFi Area, akan menambah kenyamanan para pengunjung dalam menunggu proses pencucian mobil atau motornya sehingga tidak menimbulkan rasa bosan, karena bisa menunggu sambil makan, minum atau sekedar menggunakan layanan WiFi Area yang telah kami sediakan, dan  hasil pencucian mobil atau motor yang bersih.





2.  Struktur Organisasi

Berikut daftar pengelola perusahaan sekaligus rincian tugas yang akan dilakukan:
1. Pemilik usaha : 
    Menyetorkan uang tunai Rp. 100.000.000,00 sebagai modalnya pada usaha ini.
2. Penanggungjawab : 
    a. Memimpin jalannya usaha.
    b. Mengadakan brefing setiap awal minggu (selasa pagi) dan evaluasi kinerja setiap akhir minggu (minggu sore).
     Gaji Rp. 900.000,00 perbulan
3. Bagian Administrasi, Umum dan Pemasaran : 
    Menyimpan dan mengurus data administrasi perusahaan serta legalitasnya.
    Gaji Rp. 800.000.,00
4. Bagian Keuangan : 
    Menyusun laporan keuangan perusahaan
   Gaji Rp. 800.000,00 perbulan
5. Bagian Operator : 
    Memimpin dan mengawasi pelaksanaan pencucian.
    Gaji Rp. 800.000,00 perbulan
6. Operator Cuci 2 orang bertugas melaksanakan pencucian motor dan mobil
   Gaji @ Rp. 750.000 = Rp. 1.500.000 perbulan
7. Kasir dan Waitress masing-masing 1 orang bertugas di mini café.
    Gaji @ Rp. 600.000 = Rp. 1.200.000 perbulan








BAB IV
RENCANA USAHA
1.       Produk
          A. Jasa Pencucian
              a. Cuci sepeda motor (termasuk poles + semir ban) Rp.   9.900,00
              b. Cuci mobil (termasuk poles +semir ban)               Rp. 39.900,00
              c. Jasa tambahan yaitu isi angin/ air radiator                        gratis
           B. Mini Café
              a. Menu makanan
              Mie instant rebus/ goreng                              Rp.  4.500,00
                Mie instant rebus/ goreng +telur                             Rp. 7.000,00
                Roti bakar                                                   Rp.  4.500,00
                Pisang bakar                                                Rp.  4.500,00
                Aneka Camilan                                           Rp.  1.000,00
              b. Menu Minuman
                  Kopi susu                                                  Rp.  4.000,00
                  Kopi                                                          Rp.  2.500,00
                  Es teh/ teh anget                                       Rp.  2.000,00
                  Es jeruk/ jeruk anget                                 Rp.  2.500,00
                  Soft drink                                                 Rp.  3.500,00
                  Air Mineral                                               Rp.  2.500,00
              Jus Buah                                                       Rp.  5.000,00
2.           Fasilitas dan Keunggulan
          Fasilitas yang kami tawarkan yaitu Free Wi-fi, ruang tunggu nyaman (outdoor dan indoor), full music, tv dan kipas angin, surat kabar, toilet dan mushola.
          Keunggulan dari usaha kami yaitu:
a. Lokasi yang strategis yaitu di tepi jalan lokal yang dilalui banyak pengendara motor dan mobil serta merupakan jalur cepat.
b. Tempat usaha luas, selalu terjaga kebersihan dan kenyamanannya.
c. Air yang digunakan untuk mencuci dan untuk cafe berasal dari sumur bor sehingga bersih.
d. Mempekerjakan tenaga ahli serta berpengalaman di bidangnya.
e. Menerapkan sistem kerja pelayanan prima, yaitu melayani dengan sepenuh hati dan tidak ada istirahat karyawan (shift).
3.           Prospek Pasar dan Strategi pemasaran
          Calon konsumen merupakan masyarakat Kabupaten Bantul dan luar daerah, pengguna cuci mobil dan motor, pelajar/ mahasiswa, wisatawan, karyawan, dan masyarakat umum lainnya.
              Strategi pemasaran yang kami gunakan yaitu:
a. memasang papan nama yang cukup besar dan jelas sehingga calon konsumen dapat dengan mudah melihat dan membacanya
b. menyebarkan brosur penawaran di temapt-tempat yang di jumpai calon konsumen
              c. memasang iklan baris di surat kabar
              d. dari mulut ke mulut
4.           Keuangan
              Modal awal                                                   Rp. 100.000.000,00
              Peralatan cuci dan pemasangan        Rp. 60.000.000,00
              Perlengkapan cuci                 Rp.   5.000.000,00
              Sewa tempat untuk 2 tahun  Rp. 15.000.000,00
              Asuransi untuk 1 tahun                     Rp.   6.000.000,00
              Biaya perijinan                                  Rp.   1.625.000,00
              Meja dan kursi tunggu                      Rp.   6.000.000,00
              Seragam operator cuci                      Rp.   1.500.000,00
              Etalase sedang 2 unit                        Rp.   1.500.000,00
              Kompor gas 2 tungku 1 unit Rp.      300.000,00
              Blender 1 unit                                   Rp.      200.000,00
              Peralatan tambahan               Rp.      350.000,00
              Peralatan saji                         Rp.      200.000,00
              Bahan baku (untuk café)                  Rp.      150.000,00
              Bahan pelengkap                              Rp.      185.000,00
Total anggaran                                               Rp. 98.010.000,00
Kas ditangan                                                                             Rp.   1.990.000,00
Anggaran pendapatan bulan pertama
              Pendapatan cuci motor 30 hari (15x Rp. 9.900,00)  Rp.    4.455.000,00
              Pendapatan cuci mobil 30 hari (5 x Rp. 39.900,00) Rp.    5.985.000,00
              Pendapatan penjualan mini café 30 x Rp. 250.000,00 Rp.    7.500.000,00
Total pendapatan perbulan                                          R p.17.940.000,00

Anggaran biaya bulan pertama          
              Biaya gaji karyawan                                     Rp.    6.000.000,00
              Biaya listrik, air dan telepon                         Rp.       550.000,00
              Biaya perlengkapan                                      Rp.     2.000.000,00
              Biaya penyusutan peralatan usaha                            Rp.        900.000,00    Biaya sewa tempat                                          Rp.        625.000,00    Biaya asuransi                                                 Rp.        500.000,00    Biaya adm, umum dan pemasaran                         Rp.        350.000,00
              Biaya tak terduga lainnya                                         Rp.        200.000,00
Total biaya                                                                  Rp. 11.125.000,00
Laba sebelum pajak  R p.17.940.000,00- Rp.   11.125.000,00= Rp. 6.815.000,00
Pajak penghasilan 5% Rp.   340.750
Laba bersih Rp. 6.474.250,00
BAB V
PENUTUP
1.           Rencana Pengembangan Usaha
Dalam pengembangan usaha jasa pencucian motor dan mobil yang kami rencanakan ini, untuk setiap tahunnya kami akan menyimpan laba yang diperoleh selama satu tahun dan untuk tahun kedua kami berencana untuk membuka cabang baru, apabila usaha yang kami jalankan ini ditahun pertama berjalan dengan lancar dan mendapatkan keuntungan yang besar. Agar mendapatkan keuntungan yang besar serta menarik para pelanggan, kami akan menawarkan beberapa promosi disetiap harinya dengan promosi yang lebih menarik lagi tentunya, sehingga pelanggan tetap tertarik untuk mencuci motor dan mobil ditempat usaha kami. Meningkatkan pelayanan yang bagus, serta menyajikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.
2.           Kesimpulan
Usaha yang kami rencanakan adalah Usaha Jasa Pencucian Motor dan Mobil. Usaha Jasa Pencucian Motor dan Mobil ini mempunyai prospek yang cerah dengan sasaran utama adalah semua kalangan masyarakat, baik  anak muda maupun dewasa. Untuk mendukung usaha ini, kami telah melakukan analisis SWOT, untuk menganalisis seberapa besar peluang usaha tersebut dan mengetahui seberapa besar hambatan ataupun resiko yang mungkin terjadi. Kesibukan orang yang begitu padat sehingga tidak ada lagi waktu untuk mencuci motor dan mobil mereka, dan cara terbaik adalah menyerahkan urusan cuci motor dan mobil kepada jasa usaha pencucian kendaraan bermotor. Apalagi usaha yang kami rencanakan ini terdapat tempat untuk bersantai bagi para pelanggan, sehingga untuk para pelanggan yang sedang menunggu motor atau mobil yang sedang dicuci mereka bisa menunggu sambil minum kopi, nonton tv, makan, dan tersedia jaringan wifi dengan runagan yang nyaman. Sehingga rasa jenuh dan bosan itu hilang ketika menunggu cucian motor dan mobil selesai dikerjakan.



3 komentar:

Michael mengatakan...

Motor roda tiga viar sekarang ada yang model motor usaha cafe bisa di lihat gan untuk contoh2 modelnya

Nur Aini mengatakan...

terima kasih, sangat membantu ...

Unknown mengatakan...

Terimakasih ,sangat membantu